Daihatsu mengincar posisi kedua sebagai merek mobil terlaris di Indonesia akhir tahun ini setelah Toyota. Targetnya, market share ada di angka 17 persen.
Marketing and CR Division Head Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pihaknya optimistis dengan target yang ditetapkan perusahaan setelah melihat pangsa pasar Oktober naik menjadi 18 persen.
“Tentu yang kami targetkan posisi nomor dua dan market share minimal 17 persen. Jadi berapa saja [total penjualan nasional] target kami itu,” kata Hendrayadi dalam diskusi virtual, Kamis (19/2020).
Terlebih, menurut dia jarak jumlah penjualan antara Daihatsu dengan dua merek di bawahnya yakni Honda dan Suzuki terpaut cukup jauh.
Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Daihatsu sudah menempati urutan dua sebagai merek terlaris periode Januari-Oktober 2020 dengan penjualan retail 81.623 unit di bawah Toyota.
Di bawah Daihatsu ada Honda dengan penjualan sebanyak 62.109 unit dan Suzuki 56.652 unit.
“Sampai Oktober kami sudah naik. Jadi kami optimis sampai akhir tahun lihat dari jarak dari nomor tiga dan empat,” ungkap Hendrayadi.
Mengurai data Gaikindo, penjualan retail nasional hingga Oktober berhenti pada angka 453.525 unit. Jumlah itu turun sebesar 46,7 persen dibandingkan periode yang sama 2019.
Gaikindo selaku asosiasi industri mobil dalam negeri juga telah merevisi target penjualannya sebanyak dua kali efek pandemi. Mulanya target penjualan 2020 sebesar 1,05 juta unit namun direvisi menjadi 600 ribu unit, dan kini turun kembali jadi 525 ribu unit.